S1 atau S-1? Cara Penulisannya S1 atau S-1? D3 atau D-3?

S1 atau  S-1? Cara Penulisan yang Benar S1 atau S-1?

Mungkin kita lupa atau memang belum diajarkan oleh guru sewaktu masih di bangku sekolah dulu bagaimana cara penulisan yang benar mengenai S-1 ini.
Nah berikut ini ulasan dari cabloggg yang kami sajikan untuk kamu:

Biasanya kita bingung nih, dari kata-kata ini mana sih yang benar: S-1, S-2, S-3, D-1, D-2 atau S1, S2, S3, D1, D2, Nah yang benar yang dikasih tanda warna ungu. BENAR.

Loh kok bisa yang warna ungu yang benar? kenapa? Nah ini nih ada di bawah jawabannya:

Pedoman EYD menunjukkan bahwa tanda hubung digunakan untuk merangkaikan singkatan berhuruf kapital maupun angka dengan unsur lain yang tidak sejenis:
(1) kata atau imbuhan dengan singkatan berhuruf kapital, misalnya hari-H,
(2) “ke-” dengan angka, misalnya peringkat ke-3, dan
(3) angka dengan “-an”, misalnya dasawarsa 2010-an.

Pada singkatan jenjang akademik, misalnya S-1 (strata satu), huruf S adalah singkatan berhuruf kapital, sedangkan 1 adalah angka, sehingga keduanya merupakan unsur yang tidak sejenis yang perlu dirangkai dengan tanda hubung.


Singkatan yang menggunakan angka sebagai pelambang jumlah huruf yang sama, seperti P3K (PPPK) tidak perlu menggunakan tanda hubung karena angka dalam singkatan tersebut tetap melambangkan unsur yang sejenis dan berulang.

Baca juga penulisan tanda hubung dan tanda pisah yang benar 


powered by:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgsilgyBPS_qEG3-HyMDaGJSqgtGMxvha0xOi1nYOyhimDCQB4FeyEGA47a1aUMdqlW-DD_csQnnHcisS_XebDsbjjxAi0TweXL2niymHv-E0J755UsQX6MLmoe-yr3It5DqQg3bBdfYr0a/s1600/PACMAN-CABLOGGG.gif
Cabloggg

Tidak ada komentar